SIAPA KETUA KPK SEJATI!!!!!!!!

DARI 12 nama kandidat Ketua Komisi Pembe rantasan Korupsi, diprediksi ada tiga yang bakal bersaing ketat untuk lolos ke DPR. Ketiganya adalah Jimly Asshiddiqie, Busyro Muqoddas, dan Bambang Widjojanto.

Hal itu disampaikan pengamat hukum tata ne Hal itu disampaikan pengamat gara Universitas Andalas Saldi Isra, kemarin, kepada Media Indonesia saat Lomba Debat Konstitusi di lantai 11, Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta.

Jimly Asshiddiqie merupakan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Busyro Muqoddas adalah Ketua Komisioner Komisi Yudisial yang hari ini akan menuntaskan masa tugasnya, sedangkan Bambang Widjojanto berprofesi sebagai pengacara.

“Ketiganya merupakan front runner di dalam seleksi calon Ketua KPK dan mereka bakal Ketua KPK dan mereka bakal bersaing ketat untuk menjadi dua nomine yang selanjutnya diserahkan ke DPR,” tuturnya.

Ihwal munculnya penilaian terhadap profil Jimly yang dinilai arogan, Saldi memandang itu sebagai hal yang subjektif. Namun, dia mencatat secara khusus, mundurnya Jimly dari Mahkamah Konstitusi dan Wantimpres.

Lantaran itu pulalah, Saldi cenderung melihat Busyro memiliki nilai lebih. Terlebih, sambung dia, jika Busyro kelak mampu mengintegrasikan KPK dan KY. “Itu bisa menjadi suatu langkah yang baik untuk mengawasi hakim, misalnya.”

Sementara itu, anggota Komisi Hukum Nasional (KHN) Fajrul Falaakh menilai mekanisme pengujian di Pansel KPK cukup efektif. Contohnya, menurut dia, tes penulisan makalah di tempat mampu memperlihatkan visi dan misi u memperlihatkan visi dan misi dari tiap-tiap kandidat. “Mes kipun dibebaskan membawa laptop dan referensi lainnya, tanpa pengetahuan yang cukup sulit sekali bagi kandidat untuk melewati tes itu dengan baik,” ujarnya.

Fajrul juga mengungkapkan bahwa KPK membutuhkan pemimpin yang bersifat kolega.

Koordinator Lingkar Madani (LIMA) Ray Rangkuti meng ingatkan, Jimly dan Busyro merupakan dua nama yang diajukan publik.

“Tapi menurut saya, ke-12 “Tapi menurut saya, ke-12 nama yang lolos kemarin itu sudah bagus dan layak untuk langkah selanjutnya,” katanya.

Saat menanggapi seleksi tersebut, aktivis Indo nesia Corruption Watch (ICW) Febri Febriansyah mengaku cukup puas atas hasilnya. Namun, dia menyangsikan Bambang bakal diterima di DPR.

“Ini karena tipe-tipe Bambang yang terlalu keras dapat dipandang sebagai ancaman oleh para poli tikus parlemen. Tapi ketua KPK sesungguhnya tidak perlu luwes. Justru, pemimpin KPK harus tegas dalam menindak korupsi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: