BAHAN TAMBANG MASIH BANYAK……….

Sektor pertambangan di Kabupaten Bengkulu Utara terdapat 3 bahan tambang utama yang berpotensi untuk dikembangkan yaitu Batu bara, Emas serta Batu Besi. Perdagangan batu bara dunia tahun 2007 diproyeksikan bisa sampai 730 juta ton, yang meliputi 536 juta ton untuk memenuhi kebutuhan pembangkit listrik (steam coal), dan 536 juta ton untuk keperluan industri baja (cooking coal). Dari jumlah itu, batu bara dari Indonesia minimal akan menyumbang 147 juta ton, atau 20% dari total permintaan dunia untuk pasar internasional.
Harga batu bara termal yang dikapalkan dari pelabuhan Newcastle, Australia dan jadi benchmark Asia bulan lalu mencapai rekor. Kontrak tahun depan diperkirakan US$90 per ton, naik lagi menjadi US$105 pada 2009.
ImageSebagai pengekspor batu bara nomor satu di dunia, produksi batu bara Indonesia sepanjang 2006 mencapai 193 juta ton, atau naik dari 2005 sebesar 144 juta ton.
Kebutuhan batu bara dalam negeri pada tahun 2007 diperkirakan akan menyentuh hingga 28% dari total produksi domestik. Jumlah tersebut setara dengan 58 juta ton, dari total produksi batu bara Indonesia yang mencapai 205 juta ton pada tahun ini.
Kabupaten Bengkulu Utara memiliki potensi kandungan batu bara yang cukup besar. Kandungan batubara memiliki jumlah cadangan terukur sebanyak 175.847.898 ton. Dari potensi yang ada tersebut hanya baru sekitar 25% yang diproduksi dan dipasarkan
ImagePotensi batubara yang menyebar di 12 kecamatan ini memiliki sedikit kendala, yaitu jarak tempuh ke pelabuhan laut Pulau Baai Bengkulu yang sangat jauh. Kendala lainnya yang berkaitan dengan kelestarian lingkungan hidup menyangkut banyaknya cadangan bahan galian yang berada di kawasan hutan lindung dan kondisi geologi yang kompleks. Untuk mengatasi masalah tersebut, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara akan bekerjasama dengan pemilik kuasa pertambangan dalam membangun pelabuhan khusus tambang sedangkan kondisi geologi yang kompleks dapat diatasi dengan penerapan teknologi geoscan pada tingkat penyelidikan umum untuk memperoleh lokasi yang lebih akurat
Emas dan Batu Besi
ImagePotensi cadangan emas di Kabupaten Bengkulu Utara terdapat di Kecamatan Arga Makmur dan Napal Putih. Di Kecamatan Napal Putih terdapat cadangan emas yang berpotensial tetapi belum dieksploitasi sebanyak 7 level front pertambangan. Selama ini, luas areal 4.392 Ha petambangan emas masih dilakukan masyarakat sekitar secara tradisonal.
ImagePotensi cadangan mineral Batu Besi diperkirakan terdapat di kecamatan Pagar Jati, Pondok Kelapa, Taba Penanjung dan Pematang Tiga. Hal ini didasari dengan dikeluarkannya Surat Bupati Bengkulu Utara kepada beberapa perusahaan mengenai tahap penyelidikan umum. Dari hal di atas perlu adanya pengembangan kembali potensi tambang yang ada, mengingat harga pasaran dunia yang bagus untuk barang tambang tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: